Resep Peyek Teri Renyah dan Gurih Ala Resep Maknyus

Advertisement

Rempeyek atau gampangnya di sebut peyek adalah satu diantara makanan yang telah lama berada di indonesia. Makanan inipun telah menyebar nyaris di semua lokasi di indonesia. peyek sendiri yaitu olahan yang terbuat berbahan basic tepung yang mana menggunakan bahan beda jadi bahan paling utama atau bisa disebutkan sebaai penentu rasa-rasanya, yang mana lalu digoreng kering dengan bentuk yang pipih serta tidak tebal.

Karna makanan ini begitu gampang dan sederhana, bahan intinya dapat dengan gampang divariasikan jadi Peyek sendiri terdapat beberapa jenisnya. Salah nya ialah yang memakai ikan teri atau yang umumnya dikatakan sebagai peyek teri. Peyek satu ini umumnya seringkali jadikan jadi lauk yang dikonsumsi dengan nasi.

Ikan teri walau termasuk ikan yang begitu kecil, tetapi nyatanya miliki kandungan gizi yang baik untuk badan. Ikan ini nyatanya memiliki kandungan protein yang tinggi, diluar itu ada pula zat beda seperti kalsium, fosfor dan sebagainya yang kesemuanya itu begitu baik untuk badan kita. Ikan ini begitu gampang diketemukan waktu kita berbelanja di pasar.

Untuk membuat peyek ikan teri termasuk gampang serta sederhana sekali. Nampaknya tidak dibutuhkan ketrampilan spesial, dengan kata beda kebanyakan orang dapat membuatnya bila memanglah berkemauan. Ikan teri yang dipakai umumnya ada 2 jenis yaitu kering serta basah. Untuk kering adalah ikan teri yang telah dikeringkan, sedang basah ya ikan teri yang tetap dalam keadaan fresh.

Semua sich bergantung selera saja, ingin gunakan yang kering atau basah. Untuk yang kami berikan kesempatan ini adalah yang memakai teri basah. Terkecuali lebih empuk, juga kandungan gizinya banyak. Namun ada kelirunya bila kalian memakai ikan teri kering. Ya bila di resep di bawah ini cuma tinggal ganti ikan teri basah dengan yang kering. Baiklah tersebut resep peyek teri buat kalian.

Resep Peyek Teri

Bahan-bahan:
  • 1/4 kg ikan teri basah ( segar )
  • 300 gram tepung beras
  • 450 ml santan kelapa cair
  • 3 sendok makan tepung sagu
  • 1 butir telur ayam
  • Minyak goreng secukupnya
Bumbu halus:
  • 5 siung bawang putih
  • 1 cm kunyit
  • 1/2 sendok makan ketumbar
  • Garam dapur sedikit saja
  • Penyedap rasa sedikit saja
Cara membuat peyek teri renyah yakni:
  1. Siapkan satu buah wadah ukuran sedang. Mangkuk juga boleh. Kemudian masukkan tepung terigu dan tepung sagu serta bumbu yang sudah dihaluskan.
  2. Selanjutnya, tuangkan air santan kelapa cair kedalamnya sedikit demi sedikit. Aduk-aduk supaya bahan tercampur merata. Masukkan ikan teri dan aduk-aduk kembali.
  3. Selanjutnya, panasi minyak cukup banyak. Kemudian ambillah sedikit adonan tepung dengan ikan teri dengan sendok makan serta simpan di wajan/penggorengan. Menaruhnya janganlah segera dibagian tengah. Dibagian samping namun terserang dengan minyak. Waktu menaruhnya di penggorengan/wajan, sabil dipipih-pipihkan dengan sendok.
  4. Goreng peyek teri sebagian dahulu, soalnya wajannya tidak muat. Sesudah masak, baru masukan sekali lagi peyek terinya serta kerjakan berulang hingga semuanya adonan habis serta jadi peyek teri masak.
  5. Peyek teri renyah dan gurih siap dinikmati sebagai lauk untuk keluarga.
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon

Resep Kue Semprit Mawar Yang Enak Ala Resep Maknyus

Waktu hari lebaran, pastinya banyak kue yang dihidangkan di meja tamu. Bermacam-macamlah bila bisa disebut, namun satu diantara salah sa...