Resep Es Goyobod Bandung Yang Segar Ala Resep Maknyus

Advertisement

Untuk yang sempat berkunjung ke kota kembang bandung, tentu telah tidak asing sekali lagi dengan minuman beri kesegaran ini. Disana, minuman ini demikian popular serta disenangi nyaris semuanya kelompok. Bahkan juga minuman ini tersedia banyak di restoran ataupun pedagang yang ada di tepi jalan. Bahkan juga karena sangat lakunya, banyak pula orang yang lalu membuat usaha waralaba untuk minuman yang istimewa ini.

Es goyobod lah namanya, minuman yang datang dari jawa barat ini sudah memikat hati beberapa orang dengan cita rasa-rasanya yang enak dan lezat. Es ini sesungguhnya tidak datang dari kota bandung, tetapi dari kota garut. Tetapi bersamaan perubahannya, minuman ini demikian popular di bandung serta akhirnya minuman ini sering dihubungkan dengan kota kembang itu.

Seperti yang saya katakan barusan, es goyobog begitu enak loh kawan-kawan. Ingin tau mengapa? soalnya minuman ini terbuat dari gabungan dari kombinasi beberapa bahan yang istimewa seperti ada hunkwe, buah alpokat, kelapa muda, selalu ada tape juga baik itu singkong maupun ketan hitam serta masih tetap ada sekali lagi beberapa bahan yang lain yang telah pasti enak.

Lalu apakah bila kita menginginkan rasakan lezatnya es goyobod ini, jadi kita mesti pergi ke kota bandung? pasti tidak. Soalnya saat ini resep sekitar minuman fresh ini telah banyak di beri ke orang-orang umum. Bila gak yakin, ini ada resep dan bagaimana sich langkah buat es enak ini yang gampang yang ada spesial untuk anda.

Bahan-bahan:
  • 100 gram tepung hunkwe
  • 600 ml air daun suji
Bahan Sirup:
  • 300 ml air 
  • 2 lembar daun pandan yang telah di cuci bersih
  • 225 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
 Bahan untuk penyajian:
  • 1 buah alpokat, keruk daging buahnya
  • 1 buah kelapa muda, keruk daging buahnya
  • 80 gram kolang-kaling yang sebelumnya sudah diseduh dengan panas
  • 100 gram tape ketan hitam
  • 100 gram tape singkong
  • Susu kental manis secukupnya
  • Es batu  / es serut secukupnya
 Cara membuat es goyobod bandung yang segar yaitu:
  1. Langkah awal, buat adonannya langkahnya adalah rebus hunkwe dengan air daun suji dengan memakai api yang tengah. Masaklah sembari diaduk-aduk hingga kental serta mendidih. Kemudian angkat lantas tuangkan dalam loyang. Biarlah hingga dingin serta mengeras, lalu potong-potong. Sisihkan terlebih dulu.
  2. Berikutnya buat sirupnya caranya ialah rebus air , gula pasir, garam dan juga daun pandan. Lalu aduk-aduk dan masak terus sampai mendidih dan gualnya larut. Angkat lalu saring airnya.
  3. Paling akhir tinggal menghidangkannya saja, langkahnya sediakan wadah atau mangkok. Masukan es batu serut, potongan hunkwe, kerukan daging buah alpokat serta kelapa muda, tape singkong, tape hitam. Kemudian, tuang kedalamnya, sirup dan susu kental manis.
  4. Es goyobod khas bandung pun siap untuk dinikmati.
Anda bisa mempelajari juga beragam resep menarik lainnya soal minuman yang ada di blog ini ya. Terima kasih banyak dan selamat untuk mencoba!
    Advertisement

    0 Comments


    EmoticonEmoticon

    Resep Kue Semprit Mawar Yang Enak Ala Resep Maknyus

    Waktu hari lebaran, pastinya banyak kue yang dihidangkan di meja tamu. Bermacam-macamlah bila bisa disebut, namun satu diantara salah sa...