Resep Kue Jongkong Surabaya Yna Enak Ala Resep Maknyus

Advertisement

Resep Kue Jongkong Surabaya - Yang sempat datang ke surabaya, tentunya pada tau dong dengan kuliner yang satu ini, namanya kue jongkong surabaya. Namanya memanglah cukup unik namun memanglah demikianlah ada. Kue ini termasuk juga dari satu diantara yang paling popular lho kawan-kawan di kota pahlawan itu, terkecuali kue lapis legit dan kue lapis surabaya.

Kue jongkong surabaya mempunyai kekhasan sendiri yang membuatnya berlainan lho dengan kue jongkong macam dari lokasi yang lain seperti dari bangka, dan lain-lain. Ingin tau apakah itu? baiklah keunikan intinya yaitu pada kombinasi bahan membuatnya yang menggunakan abu merang.

Abu merang yang dipakai datang dari merang yang dibakar lalu ditumbuk dengan halus. Penggunaan abu merang berikut kunci paling utama yang membuat kue ini mempunyai rasa serta aroma yang begitu berlainan dengan kue jongkong yang lain.


Kue ini relatif dapat dikenali dengan gampang karna susunan nya umumnya berwarna hitam serta hijau. Hitam itu dari abu merang, bila yang hijau itu dari kombinasi air daun suji serta daun pandan. Penasaran menginginkan coba rasa dari kue ini?.
Ya bila demikian, tinggal beli saja ya di surabaya. Itupun untuk yang dapat untuk ke sana serta bila yg tidak dapat janganlah bingung dahulu. Kita buat saja sendiri dirumah, lah resepnya telah ada kok, Nih silakan dikaji.

Resep Kue Jongkong Surabaya

Bahan-bahan:
  • 250 gram tepung beras
  • 100 gram tepung kanji
  • 800 ml air santan kelapa dari 1 buah butir kelapa
  • 200 gram gula pasir
  • 100 ml air abu merang, cara buatnya ialah siapkan 50 gram merang bakar, lalu campur dengan 100 ml air, aduk-aduk kemudian saring biar kotorannya tidak ikut.
  • 100 ml air daun suji dan daun pandan yang dibuat dari perasan 30 lembar daun suji dan 8 lembar daun pandan
  • 1/2 butir kelapa muda, di parut kasar, lalu kukus dengan ditambah sedikit garam dapur
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak goreng secukupnya buat pengoles
Cara membuat kue jongkong surabaya ialah:
  1. Pertama, campur tepung beras, tepung kanji, garam dapur, gula pasir dan santan kelapa. aduk rata hingga menjadi adonan.
  2. Setelah itu bagi adonan tadi menjadi 2 bagian. 1 bagian di campur dengan air abu merang dan 1 bagian lagi di campur dengan air daun suji dan daun pandan. Setelah itu sisihkan terlebih dahulu.
  3. Langkah selanjutnya, siapkan loyang dengan ukuran 15 x 15 x 4 cm dan olesi dengan menggunakan minyak goreng. Taruh loyang tersebut ke dalam kukusan yang telah di panaskan.
  4. Tuang satu sendok sayur adonan yang menggunakan air abu merang kedalamnya, kukus kurang lebih selama 5 menit.
  5. Setelah itu gantian, tuang satu sendok sayur adonan yang memakai air daun suji dan daun pandan kedalam loyang dan sama seperti tadi, masak kurang lebih selama 5 menitan.
  6. Lakukan seperti itu ( selang seling antara adonan air abu merang & adonan air daun suji dan air daun pandan) terus sampai adonan nya habis.
  7. Setelah adonan habis dan loyang telah terisi penuh, masaklah kurang lebih 30 menit sampai matang.
  8. Setelah matang, angkat lalu dinginkan.
  9. Untuk menyajikannya, potonglah kue jongkong nya menjadi beberapa bagian lalu santaplah bersama dengan parutan kelapa.
Note : Untuk 24 potong

Memanglah rasa-rasanya perlu kesabaran dalam membuat kue jongkong surabaya ini. Namun saya rasa itu semua tentunya juga akan terbayar kok sesudah kita mencicipi bagaimana nikmatnya rasa dari kue ini, he he he. Baiklah sampai disini dahulu kajian kesempatan ini.

Serta janganlah lupa ya baca artikel resep menarik yang sudah ada di situs (blog) ini. Terima kasih banyak serta selamat anda coba!
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon

Resep Kue Semprit Mawar Yang Enak Ala Resep Maknyus

Waktu hari lebaran, pastinya banyak kue yang dihidangkan di meja tamu. Bermacam-macamlah bila bisa disebut, namun satu diantara salah sa...