Resep Dodol Garut Asli Enak Ala Resep Maknyus

Advertisement
Jika kalian sudah pernah berkunjung ke kota garut, pastinya sudah tahu sama oleh-oleh khas dari kota tersebut. Apalagi lagi kalau bukan dodol garut. Ya dodol garut termasuk makanan khas dari kota jawa barat tersebut. Entah dari mulai kapan adanya namun yang jelas makanan ini sudah sangat terkenal hingga keseluruh pelosok indonesia.

Mengingat banyak yang suka dengan dodol garut ini, sekarang bisa kita jumpai beragam varian dari makanan atau lebih tepatnya jajanan ini. Seperti dodol garut picnic, zebra, original sampai warna-warni yang begitu menarik saat dilihat. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sekilas bentuk dodol garut ini, mirip dengan jenang yang ada dikota kudus. Namun meski begitu, dodol garut punya keistimewaan tersendiri dibandingkan jajajan khas dari kota kudus tersebut. Dan pastinya yang tak bisa dibantah kedua jajanan ini sama-sama enak saat disantap.

Resep Dodol Garut Asli Enak Ala Resep Maknyus
Dodol Garut
Namun kerap yang jadi permasalahan bagi yang suka dodol garut ialah masih belum mudah untuk mendapatkan jajanan ini, apalagi yang daerahnya jauh dari kota garut. Memang sih sudah banyak distributornya namun terasa belum sepenuhnya optimal. Nah untuk itulah buletinresep mengajak anda-anda dan teman-teman semuanya untuk mencoba membuat jajanan enak ini sendiri dirumah kalian.  Untuk resepnya silahkan dibaca dibawah ini.
Bahan-bahan:
  • 1 kg tepung beras ketan kualitas baik
  • Santan kelapa kental dari perasan 5 butir kelapa yang sudah tua
  • 2 kg gula merah, disisir halus
  • Garam dapur secukupnya
  • Plastik untuk membungkus secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya
Cara membuat dodol garut yaitu:
  1. Pertama-tama, tuangkan santan kelapa ke dalam wajan dengan ukuran cukup besar. Lalu masak dengan menggunakan api kecil. Saat memasak usahakan untuk terus mengaduk secara perlahan sampai mendidih supaya santannya tidak pecah.
  2. Masukkan tepung beras ketan, gula merah sisir serta garam dapur kedalam wajan. Aduk-aduk kembali adonan secara perlahan hingga matang dengan tekturnya mengental dan warnanya berubah kecoklatan.
  3. Angkat wajan lalu tuangkan adonan ke nampan yang sebelumnya sudah diolesi minyak agar tidak lengket.
  4. Ambil sedikit adonan dengan sendok lalu lalu taruh di plastik kemudian gulung & bungkus dengan plastik tersebut. Lakukan sampai semua adonan habis.
  5. Dodol garut pun siap dinikmati atau bisa juga disimpan dalam topless.
oke sekian terimakasih..
Advertisement

0 Comments


EmoticonEmoticon

Resep Kue Semprit Mawar Yang Enak Ala Resep Maknyus

Waktu hari lebaran, pastinya banyak kue yang dihidangkan di meja tamu. Bermacam-macamlah bila bisa disebut, namun satu diantara salah sa...